Kamis, 02 Mei 2013

HARDIKNAS

            Hari Pendidikan Nasional, diperingati setiap tanggal 2 Mei. Entah kenapa, tahun ini aku ngerasa sedih banget ngelewatin Hardiknas. Rasanya, pendidikan di Indonesia makin parah dari hari ke hari.
            Tadi di sekolah upacara, petugasnya para guru. Lucu aja sih liatnya, jarang-jarang kayak gini. Bahas harapanku tentang pendidikan Indonesia aja deh ya..
            Sekarang aku lagi bingung banget sama kurikulum 2013 yang 'katanya' mau diterapin mulai Juli ini. Kok pelajaran IPA sama Bahasa Inggris di jenjang SD semacam ditiadakan ya? (tapi katanya IPA diterapkan di semua mata pelajaran). Pelajaran TIK juga ditiadakan di jenjang SMP (diterapkan di semua mata pelajaran juga). Kalau untuk SMA masih kurang tau sih..
            Entah kenapa aku langsung mikir gini, kalo nanti TIK diterapkan di semua mata pelajaran, nggak nutup kemungkinan siswa banyak dikasih tugas yang ngirimnya lewat e-mail, atau gimanalah. Jadi bingung, kalonya gitu kan paling nggak masing-masing siswa punya laptop satu (biar gak ke warnet bolak-balik), padahal belum tentu semua bisa beli laptop. #termasukaku :(
            Terus, kalo jadi diterapin, pastinya guru butuh pelatihan dong biar gak bingung gimana cara ngajar pake kurikulum yang baru lagi. Dan gak semua guru di Indonesia ikut pelatihan, apa gak bikin terjadi kekacaukan karena gak serempak?
            Lagi-lagi yang dimasalahin pasti soal biaya. Anggaran untuk mewujudkan kurikulum terbaru ini gak sedikit loh. Apa gak buang-buang duit lagi? Coba ingat-ingat lagi keefektifannya. Dan ingat-ingat lagi, di Indonesia masih ada yang infrastruktur pendidikannya kurang.
            Untuk UN, kalau ini yang dijadikan kelulusan dan nilainya dipake buat masuk ke jenjang selanjutnya, apa gak membebani siswa siswi jujur yang nilainya bisa aja dikalahkan sama siswa siswi yang kurang jujur? Apa sudah pas dikatakan sebagai pendidikan karakter bagi anak bangsa?
            Mungkin ada guru yang malah memberikan kunci jawaban kepada 'anak didiknya'. Mungkin karena ingin harus lulus 100%, tapi malah jadi tidak jujur 100%. Sangat disayangkan...
            Mungkin ada juga siswa yang merasa malas untuk belajar, karena gurunya yang kurang menyenangkan dalam mengajar. Jadi, kurasa lebih baik anggaran untuk kurikulum digunakan untuk melatih guru-guru agar mempunyai metode pengajaran yang lebih kreatif dan inovatif lagi kan? Karena dengan berkembangnya zaman, pasti makin banyak lagi yang bisa digali buat nyiptain sesuatu yang baru. Biar siswanya bisa bikin yang baru juga...
            Mungkin analisa saya ada yang salah. Saya sadar saya masih pelajar SMP. Saya juga sadar saya belum bisa membuat sesuatu yang baru. Tapi saya hanya menyuarakan pendapat saya di sini, sah sah saja kan?

2 komentar: